Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Sebab Mimisan dan Cara Mengobatinya

5 Sebab Mimisan dan Cara Mengobatinya


Selamat datang di Nomor Dua


Apa Itu Mimisan?

Mimisan atau epistaksis adalah kondisi ketika terjadi pendarahan dari rongga hidung. Ini bisa terjadi ketika pembuluh darah di hidung pecah atau terluka, yang dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti udara yang terlalu kering, cedera pada hidung atau kepala, infeksi saluran pernapasan atas, dan sebagainya. Mimisan bisa terjadi pada siapa saja, namun lebih umum terjadi pada anak-anak dan orang dewasa muda. Mimisan biasanya tidak berbahaya, namun jika berlangsung lama atau berulang kali, perlu segera ditangani oleh dokter.


Penyebab Mimisan

Mimisan atau epistaksis adalah kondisi ketika terjadi pendarahan dari rongga hidung. Beberapa penyebab yang umum dari mimisan antara lain:

  1. Trauma pada hidung atau kepala.
  2. Udara yang terlalu kering.
  3. Infeksi pada saluran pernapasan atas.
  4. Penyakit darah, seperti hemofilia atau leukemia.
  5. Efek obat-obatan tertentu, seperti asprin dan obat pengencer pendarah.


Cara Mengobati Mimisan

Cara mengobati mimisan tergantung pada penyebabnya. Berikut ini beberapa cara mengobati mimisan yang bisa dilakukan:

  1. Tekan hidung bagian depan dengan jari dan tekuk tubuh ke depan selama 10-15 menit. Hal ini akan membantu memperlambat aliran darah ke hidung dan memungkinkan pembuluh darah di hidung untuk menyusut.
  2. Gunakan es batu atau kain dingin di hidung dan sekitarnya untuk membantu menghentikan pendarahan dan mengurangi pembengkakan.
  3. Jangan miringkan kepala ke belakang karena hal ini dapat menyebabkan darah mengalir ke tenggorokan dan menyebabkan mual atau muntah.
  4. Jika mimisan tidak berhenti setelah 20 menit, segera periksakan diri ke dokter atau ke unit gawat darurat terdekat.

Jika Anda mengalami mimisan yang sering atau berkepanjangan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut dan mengetahui penyebabnya.


Terima kasih, semoga bermanfaat


kunci dalam pencarian : penyebab mimisan tiba-tiba pada remaja, penyebab mimisan tiba-tiba sebelah kiri, penyebab mimisan tiba-tiba cara mengatasinya, mimisan karena kelelahan, ciri mimisan yang berbahaya, penyebab mimisan pada anak, penyebab mimisan pada orang dewasa disertai pusing, penyebab mimisan saat tidur,menghentikan mimisan secara alami, makanan yang dilarang saat mimisan, obat mimisan di apotik,  mimisan pada orang dewasa apakah berbahaya, ciri mimisan yang berbahaya, obat mimisan paling ampuh, mengatasi mimisan dengan daun sirih, cara agar tidak mimisan

Posting Komentar untuk "5 Sebab Mimisan dan Cara Mengobatinya"