Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Al-Bajuri PDF - Kitab Kuning Hasyiyah Al-Bajuri

Download Kitab Al-Bajuri PDF - Kitab Kuning Hasyiyah Al-Bajuri


Selamat datang di Nomor Dua


Kitab Hasyiyah Al-Bajuri

Kitab Hasyiyah Al-Bajuri merupakan sebuah syarah dari kitab Fathul Qorib, yang pada gilirannya adalah syarah dari Matan Taqrib. Kitab ini berisi kaidah-kaidah ilmu fikih dengan penjelasan yang komprehensif dan luas. Kitab ini sering dijadikan acuan dan dipelajari di berbagai pondok pesantren, terutama yang mengikuti mazhab Syafi'i.

Secara keseluruhan, kitab Hasyiyah Al-Bajuri membahas berbagai hukum fikih yang meliputi masalah bersuci, salat, zakat, puasa, haji, jual-beli, dan banyak lagi.

Seperti matan kitabnya, yaitu Fathul Qorib, Hasyiyah Al-Bajuri memberikan penjelasan mendetail mengenai topik-topik yang belum tercakup di dalam Fathul Qorib, terlebih lagi di dalam matan Taqrib.

Banyak pondok pesantren yang menggunakan kitab ini sebagai rujukan utama. Bahkan, kitab ini menjadi salah satu bacaan wajib dalam bidang fikih, terutama untuk mazhab Syafi'i. Kitab ini umumnya digunakan sebagai bahan pembelajaran, diskusi, dan referensi dalam pengajaran bahtsumasail.


Pengarang Kitab Hasyiyah Al-Bajuri

Pengarang Kitab Hasyiyah Al-Bajuri adalah Syekh Ibrahim Al-Bajuri Ibni Qasim. Beliau merupakan seorang ulama klasik mazhab Syafi'i yang karyanya masih dipelajari di berbagai belahan dunia.

Nama lengkap beliau adalah Burhanuddin Ibrahim Al-Bajuri bin Syekh Muhammad al-Jizawi bin Ahmad. Ia lahir di desa Bajur, provinsi Munufiya, Mesir, pada tahun 1198 Hijriyah dan meninggal pada hari Kamis, 28 Zulkaidah tahun 1276 Hijriyah.

Beliau adalah seorang ulama produktif yang telah menghasilkan puluhan karya. Di antara karya-karya beliau adalah Hasyiyah 'ala Qashidah Burdah, Hasyiyah 'ala Qashidah Banat Sa'ad, Durar Hisan 'ala fath Rahman fima Yahshulu bihi Islam wal Iman, Hasyiyah 'ala Matn Samarqandiyah fi ilmi Bayan, Fathul Khabir Lathif fi ilmi Tashrif, Risalah fi ilmi Tauhid yang kemudian disyarah oleh ulama Nusantara, yaitu Syekh Nawawi al-Bantani, dengan nama kitabnya Tijan Ad-Darari, dan masih banyak lagi.


Download Kitab Al-Bajuri PDF


kata kunci :

  • Kitab Al-Bajuri
  • Al-Bajuri Syarah
  • Hasyiyah Al-Bajuri
  • Hasyiyah Al-Bajuri PDF
  • Kitab Fiqh Al-Bajuri
  • Mukhtashar Al-Bajuri
  • Terjemahan Kitab Al-Bajuri
  • Penjelasan Al-Bajuri
  • Kitab Al-Bajuri Mazhab Syafi'i
  • Al-Bajuri Pondok Pesantren

Harap dicatat bahwa konten-konten tersebut dapat berbeda tergantung pada sumber yang Anda temui. Pastikan untuk memverifikasi keaslian dan kredibilitas sumber yang Anda gunakan.

Posting Komentar untuk "Download Kitab Al-Bajuri PDF - Kitab Kuning Hasyiyah Al-Bajuri"