Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Gratis Kitab Sulam Taufiq Arab dan Terjemahnya (PDF)

Download Gratis Kitab Sulam Taufiq Arab dan Terjemahnya (PDF)

Selamat datang di Nomor Dua


Pembahasan Kitab Sulam Taufiq

Kitab "Sulam Taufiq" merupakan sebuah karya yang membahas tentang nilai-nilai pendidikan tauhid. Dalam kitab ini, terdapat hubungan yang relevan antara nilai-nilai tauhid dengan pendidikan di Indonesia. Terdapat tiga poin utama yang membuat kitab ini relevan dengan pendidikan di Indonesia dan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar.

Pertama, terdapat keterkaitan dengan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam sila pertama, yaitu penanaman tauhid pada setiap individu dengan keyakinan terhadap sifat-sifat Allah dan Rasul-Nya.

Kedua, terdapat hubungan antara kewajiban umat Islam dalam menjaga agamanya dengan kewajiban peserta didik dalam menjaga norma-norma pendidikan untuk mencapai keberhasilan dalam pendidikan.

Ketiga, terdapat relevansi antara perhatian guru terhadap peserta didik tanpa adanya diskriminasi.

Kitab ini disusun dalam format mukhtashar atau ringkasan yang isinya singkat dan jelas mengenai hukum-hukum tauhid dan fiqih. Oleh karena itu, kitab ini sangat cocok digunakan bagi mereka yang ingin mempelajari agama namun memiliki banyak kesibukan.

Selain itu, kitab ini telah diterjemahkan ke berbagai bahasa dan juga memiliki versi tahqiq oleh Sibthu al-Jilani dengan ketebalan 222 halaman.


Pengarang Kitab Sulam Taufiq

Penulis kitab "Sulam Taufiq" adalah Sayyid Abdullah bin al-Husain bin Thahir al-‘Alawi al-Hadhrami. Beliau adalah seorang ulama yang terkenal sebagai ahli ilmu fiqih mazhab Syafii dan juga ahli Nahwu.

Beliau lahir di Tarim, Hadramaut, Yaman pada tahun 1991 Hijriah. Setelah tinggal beberapa tahun di Makkah dan Madinah, beliau belajar dari ulama-ulama terkenal di sana.

Setelah kembali ke kampung halamannya, beliau mengabdikan diri untuk memberikan tausiah, ceramah, dan mengajarkan ilmu agama kepada masyarakat. Hingga akhirnya, beliau wafat pada bulan Rabiulawal tahun 1272 Hijriah.


Isi Kitab Sulam Taufiq

Isi dari kitab "Sulam Taufiq" mencakup pembahasan dasar mengenai nilai-nilai ilmu tauhid berdasarkan akidah Ahlussunnah Wal Jamaah. Beberapa akidah dasar yang dijelaskan dalam kitab ini antara lain adalah mengenal Allah, sifat-sifat Allah, Rukun Iman dan Islam, sifat-sifat Nabi, mukjizat Nabi, penyebab murtad, serta beberapa dalil yang mendukungnya.

Selain itu, dalam kitab ini juga dibahas tentang fiqih salat dan bersuci, seperti waktu-waktu salat maktubah, tata cara wudu, salat, hal-hal yang membatalkan salat, syarat-syarat diterimanya salat, syarat-syarat menjadi makmum, syarat-syarat salat Jumat dan salat Jenazah, serta masih banyak lagi.

Kitab ini juga membahas beberapa kajian tematik lainnya, seperti fiqih zakat, fiqih puasa, fiqih haji, fiqih muamalah, tasawuf, maksiat, cara bertaubat, dan topik-topik lainnya.

Di kalangan pesantren, kitab ini dikenal dengan nama Kitab Sulam Taufiq. Padahal sebenarnya, kitab ini memiliki nama lengkap Sullamu At-Taufiq Ila Mahabbatillah ‘Ala At-Tahqiq. Nama ini memiliki makna, yaitu "Tangga untuk memperoleh pertolongan Allah menuju cinta-Nya secara pasti."

Dengan keindahan penamaan tersebut, penulis berharap siapa pun yang mengamalkan isi kitab ini dengan baik, akan diantarkan pada cinta Allah tanpa keraguan.


Download Kitab Sulam Taufiq

Anda dapat mengunduh kitab "Sulam Taufiq" dalam format PDF secara gratis sesuai dengan judul di atas. Berikut adalah link untuk mengunduhnya: Download


Kata kunci Penelusuran kitab sulam taufiq :

  • kitab sulam taufiq pdf
  • syarah kitab sulam taufiq pdf
  • terjemah kitab sulam taufiq pdf
  • download kitab sulam taufiq pdf
  • download terjemahan kitab sulam taufiq pdf
  • kitab sulam taufiq makna pesantren pdf
  • kitab sulam taufiq bahasa sunda pdf
  • kitab sulam taufiq makna jawa pdf
  • download kitab sulam taufiq makna pesantren pdf
  • kitab kuning sulam taufiq pdf
  • kitab sulam taufiq pdf download
  • kitab sulam taufiq terjemah pdf

Kata kunci mampu memberikan bantuan untuk mempermudah menulusuri tentang kitab sulam taufiq, semoga bermanfaat. Apabila ada tambahan, atau kekurangan bisa memberikan masukan di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Download Gratis Kitab Sulam Taufiq Arab dan Terjemahnya (PDF)"